Disnakertrans

Disnakertrans Papua Barat Dorong Pemberdayaan Tenaga Kerja OAP

MANOKWARI – Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Papua Barat, memperketat pengawasan terhadap Tenaga Kerja Asing (TKA).

Hal ini dilakukan dengan tujuan salah satunya memberdayakan rekruitmen tenaga kerja lokal (OAP) baik skill dan non skill agar dilirik perusahaan di Papua Barat.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Papua Barat, Frederik D. Julianus Saidui AAK, SH, MH, mengatakan pengawasan dilakukan terhadap perusahaan yang mendatangkan tenaga kerja dari luar.

“Perusahaan wajib hukumnya melapor jika merekrut tenaga kerja dari luar. Pengawasan TKA tak hanya oleh kami, tetapi juga dilakukan Disnakertrans kabupaten/kota di Papua Barat,” ujarnya, Rabu (24/7/2019) lalu.

Selain pengawasan, Disnakertrans juga menggelar loka karya belum lama ini bersama dua perusahaan besar diikuti rekomendasi yang dalamnya termasuk rekruitmen tenaga kerja lokal.

Apalagi Raperdasus rekruitmen tenaga kerja OAP membutuhkan proses yang panjang dengan melalui berbagai tahap. Untuk itu, ia mendorong adanya Peraturan Gubernur (Pergub) untuk menguatkan aturan rekruitmen tenaga kerja lokal.

“Kami akan membuat surat resmi yang tertera produk hukum nasional maupun daerah dari Gubernur, dengan tujuan semua perusahaan taat terhadap aturan itu (Pergub),” bebernya.

Menurutnya dalam Undang Undang Otsus Tahun 2001, didalamnya termuat keberpihakan terhadap OAP. Dengan demikian harus ada aturan jelas soal rekruitmen tenaga kerja OAP, salah satunya melalui Raperdasus.

“Disnakertrans Papua Barat juga akan berupaya menyiapkan tenaga kerja OAP baik skill maupun non skill. Ketika ada permintaan dari perusahaan, kita sudah siap,” pungkasnya. (Sumber:nokendaily.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close